CBNU Korea Center di Unpas Pertama di Indonesia

Dekan Fakultas Teknik Unpas Hadiri Konferensi Internasional di Korea
December 3, 2016
Pelepasan Mahasiswa Darmasiswa
May 5, 2017
Show all

CBNU Korea Center di Unpas Pertama di Indonesia

Vice President Chonbuk National University, Prof. Yoon Myeon Sook, Ph.D (kedua dari kiri), Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom (kedua dari kanan), Dekan Fakultas Kesejahteraan Sosial Chonbuk, Prof. Choi Won Gyu, Ph.D (kiri) dan Wakil Rektor I Unpas Dr. H. Jaja Suteja, M.Si (kanan).

Foto bersama setelah peresmian “Korea CBNU Center” di Unpas dan Seminar Internasional “Collaboration Between West Java Indonesia and Chonbuk Korea”.

Rapat pertama di kantor “CBNU Korea Center” di Kampus IV Unpas Jl. Setiabudhi 193 Bandung membicarakan program ke depan.

Chonbuk National University (CBNU) Korea mendirikan “CBNU Korea Center” yang pertama di Indonesia di Kampus IV Universitas Pasundan Jl. Setiabudhi 193 Bandung.

Peresmian “CBNU Korea Center” itu dilaksanakan Rabu 28 Desember 2016 oleh Vice President Chonbuk National University, Prof. Yoon Myeong Sook, Ph.D dan Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom, dilanjutkan dengan seminar internasional bertajuk “Collaboration Between West Java Indonesia and Chonbuk Korea”. Acara pembukaan “CBNU Korea Center” ini diberitakan oleh suratkabar di Korea Selatan “Chonbuk Dominilbo” edisi Kamis 29 Desember 2016.

“Ya betul…ini Korea Center pertama yang kami dirikan di perguruan tinggi Indonesia dan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Chonbuk di Korea,” kata Prof. Yoon Myeong Sook dalam sambutannya. Chonbuk National University adalah salah satu dari sepuluh perguruan tinggi terkemuka di Korea Selatan dan didirikan oleh Pemprov Chonbuk.

Prof. Yoon Myeong Sook, menegaskan, pihak CBNU memilih Unpas sebagai parner kerjasama sejak tahun 2015 karena Unpas dinilai sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Jawa Barat. Kerjasama sudah dilakukan dalam bentuk pertukaran mahasiswa, riset, serta beasiswa bagi mahasiswa dan dosen Unpas.

“Kami sudah menyetujui pemberian beasiswa bagi 5 dosen Unpas yang  mengikuti program doktoral di Chonbuk National University. Pemerintah Chonbuk melalui CBNU juga sudah membuka program beasiswa bagi mahasiswa terbaik Unpas yang ingin mengikuti program double degree,” kata Yoon, Guru Besar dalam bidang Ilmu Kesejahteraan Sosial. Ia hadir didampingi Dekan Fakultas Kesejahteraan Sosial CBNU, Choi Won Gyu.

CBNU Korea Center yang didirikan di Unpas menjadi segala pusat kegiatan, termasuk program belajar bahasa Korea gratis bagi keluarga besar Universitas Pasundan.

Dalam waktu dekat, Chonbuk juga akan mengirimkan sejumlah mahasiswanya untuk belajar bahasa Indonesia dan budaya Sunda di Universitas Pasundan. “Di Jawa Barat terdapat 200an perusahaan Korea dan terbanyak di Bandung. Beberapa di antara perusahaan itu dipimpin oleh alumni Chonbuk. Kami  harus merespon hal itu dengan melakukan kerjasama dengan Unpas. Perusahaan Korea itu tentu memerlukan pemikiran dan tenaga profesional yang dihasilkan oleh perguruan tinggi untuk mengembangkan bisnisnya. Demikian pula pemerintah Indonesia dan Korea,” kata Yoon Myeong Sook.

Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom, menyatakan bahwa Unpas sangat siap mengembangkan kerjasama dengan CBNU. Bahkan, dalam waktu dekat sudah dijadwalkan kerjasama riset antara 2 fakultas di Unpas (FISIP dan Ekonomi) dengan CBNU, disusul oleh fakultas lain yang ada di Unpas.

“Unpas sudah menyiapkan dosen dan mahasiswa terbaik untuk belajar di Chonbuk National University,” kata Rektor Unpas.

Peresmian “CBNU Korea Center” dihadiri para Wakil Rektor Unpas, para Dekan, para Ketua Prodi dan ratusan mahasiswa Unpas.

Sementara itu, seminar internasional bertajuk “Collaboration Between West Java Indonesia and Chonbuk Korea” menghadirkan 4 pembicara terdiri dari Prof. Yoon Myeong Sook, Ph.D., Prof. Choi Won Gyu, Ph.D., Dr. H. Jaja Suteja, M.Si (Wakil Rektor I Unpas) dan Dr. Abu Huraerah, M.Si (Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial FISIP Unpas).***

Leave a Reply