Dekan Fakultas Teknik Unpas Hadiri Konferensi Internasional di Korea

5 Mahasiswa Malaysia Kuliah di Unpas
October 26, 2016
CBNU Korea Center di Unpas Pertama di Indonesia
December 26, 2016
Show all

Dekan Fakultas Teknik Unpas Hadiri Konferensi Internasional di Korea

Dekan Fakultas Teknik Unpas   memberikan sambutan pada acara pembukaan International Conference 3rd Equal Education Opportunity bu U-Learning Technology (EEO-BULT) di Yuseong-Gu, Daejong, Korea Selatan.

Dekan Fakultas Teknik  menyampaikan penjelasan Penerapan UBT dan U-Learning di Universitas Pasundan Kepada Peserta International Conference 3rdEEO-BULT

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pasundan Dr. Yudi Garnida MS menghadiri International Conference 3rd Equal Education Opportunity bu U-Learning Technology (EEO-BULT) di Yuseong-Gu, Daejong, Korea Selatan pada tanggal 3-6 Desember 2016. Kegiatan tersebut merupakan pertemuan pengguna Ubiquitos Base Test dan Ubiquitos-Learning(UBT and U-Learning) yang berasal dari delegasi Korea Selatan, Amerika Serikat, Indonesia, Vietnam, Afrika Selatan, Filipina, Mongolia dan Nepal dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang dari berbagai instutusi, baik perguruan tinggi maupun perusahaan IT.

Selain Dekan FT Unpas, delegasi yang menghadiri adalah Ir. Arief Harkat Idram, MT (Ketua Pusat UBT dan U-Learning Fakultas Teknik). Sementara itu delegasi dari Indonesia berasal dari Universitas Pasundan, Kementerian Tenaga Kerja, Universitas Islam Negeri Jakarta Syarif Hidayatullah dan Universitas Prisma Manado.

Pada awalnya, pertemuan ke-3 tersebut akan dilaksanakan di Afrika Selatan, namun 2 minggu sebelum pelaksanaannya pihak Afrika Selatan menyampaikan ketidaksanggupan sebagai penyelenggara, sehingga dipindahkan ke Korea Selatan. Universitas Pasundan pernah menjadi penyelenggara International Conference ke-2 pada tahun 2015, sedangkan pertemuan pertama berlangsung di Korea Selatan pada tahun 2014.

Acara International Conference dibuka  oleh Gubernur Provinsi Sanchung-gun. Dalam sambutan pembukaan conference, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Yudi Garnida, M.S yang mewakili Rektor Unpas, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya pertemuan ini, karena tiap delegasi akan mendapatkan informasi mengenai perkembangan dan penerapan UBT dan U-Learning di setiap negara. Selanjutnya Yudi Menyampaikan terima kasih kepada North Star Development Village (NS-Devil) Korea Selatan yang telah menjalin kerjasama selama 4 tahun dengan Universitas Pasundan serta banyak inovasi program yang dikembangkan sejak MOU ditandatangani.

Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi oleh setiap delegasi. Dekan Fakultas Teknik memaparkan mengenai perkembangan penerapan UBT dan U-Learning di Fakultas Teknik, sedangkan Ir. Arief Harkat Idram, MT menyampaikan presentasi tentang implementasi HBTS untuk para calon wisudawan  di Universitas Pasundan

Selanjutnya Dekan Fakultas Teknik beserta delegasi melakukan kunjungan ke Changwon University dan melakukan pertemuan dengan Ketua Kerjasama Internasional Changwon University  untuk merencanakan program kerjasama tahun 2017. Pada tahun 2014, Rektor Unpas dan President Changwon University telah menandatangani MoU di Korea Selatan yang didampingi oleh Dekan FT. Pada tahun 2015 dan 2016 MoU tersebut direalisasikan dengan berbagai kegiatan, di antaranya kedatangan 12 orang mahasiswa Korea ke Fakultas Teknik dengan nama program “Capston Project”. Mahasiswa Korea yang menjadi pemenang Inovasi Teknologi itu  melakukan diskusi dan pembahasan tentang batere pengisi tenaga matahari untuk telepon genggam dan laptop. Dilanjutkan dengan pengiriman dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik ke Changwon University. Dosen memberikan kuliah, sedangkan mahasiswa FT mengikuti kompetisi Ilmiah dengan mahasiswa berbagai perguruan tinggi di Korea Selatan.

Setelah dari Changwon, dekan FT menuju Chinju University untuk melakukan penandatangan MoU dengan universitas tersebut. Dekan FT mewakili Rektor Unpas melakukan penandatanganan dengan Rektor/President Chinju National University of Education.***

 

Dekan Fakultas Teknik, mewakili Rektor Unpas, melakukan penandatangan MOU dengan President Chinju National University of Education University

Leave a Reply