Kerjasama Penelitian Universitas Pasundan dan CBNU Korea Selatan

Photo Kegiatan DKI 03
December 7, 2015
5 Mahasiswa Malaysia Kuliah di Unpas
October 26, 2016
Show all

Kerjasama Penelitian Universitas Pasundan dan CBNU Korea Selatan

Tiga fakultas di Universitas Pasundan (Unpas) meningkatkan kerjasama bidang penelitian dengan Chonbuk National University (CBNU), Jeonju, Korea Selatan. Ketiga fakultas itu terdiri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan FISIP.

Satu fakultas telah lebih dulu meningkatkan kerjasama yakni FISIP, sedangkan dua fakultas lagi yakni FEB dan FKIP menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) di kampus CBNU, Jeonju, Korea, pada Kamis 13 April 2016. Delegasi Unpas berkunjung ke CBNU selama seminggu untuk meningkatkan kerjasama penelitian, pertukaran dosen/mahasiswa, double degree, seminar dan diskusi akademik.

MoA ditandatangani oleh Dekan FEB Unpas, Atang Hermawan, dengan Dekan Fakultas Ekonomi CBNU, Choi Baek Ryul dan oleh Dekan FKIP Unpas, Dadang Mulyana dengan Dekan Fakultas Pendidikan CBNU, Cho Kyu Sung. Pada saat yang sama, hadir Dekan Fakultas Ilmu Sosial CBNU, Choi Won Gyu, yang sudah lebih dulu menandatangani MoA dengan Dekan FISIP Unpas.

Unpas mengirim 11 orang delegasi ke Chonbuk National University untuk meningkatkan kerjasama, khususnya dalam bidang penelitian. Mereka terdiri dari 4 orang doktor/magister dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yakni Atang Hermawan, Abdul Maqin, Liza Laila dan Dikdik Kusdiana, 3 orang doktor/magister dari FISIP yakni Abu Huraerah, Yuyun Yuningsih dan Ida Hindarsah, 2 orang doktor dari FKIP yakni Dadang Mulyana dan Cartono, seorang doktor dari Pascasarjana yakni Yaya Mulyana serta seorang dari Rektorat.

Selain meningkatkan kerjasama penelitian, Unpas dan CBNU juga mengadakan seminar bersama di kampus CBNU, sehari sebelum penandatanganan MoA. Seminar itu bertajuk “Improving Society Welfare Through Economy and Education in Indonesia and Korea” dengan pembicara dari Unpas dan CBNU.

President of CBNU, Lee Nam-Ho, ketika menerima delegasi Unpas di ruang kerjanya pada hari pertama kunjungan, sangat mengapresiasi kerjasama antara kedua perguruan tinggi karena tidak pernah terputus.

President Chonbuk National University (CBNU), Prof. Lee Nam-Ho, Ph.D (tengah), didampingi para Vice President, berfoto bersama delegasi Unpas

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas, Dr. Atang Hermawan, SE., M.SIE., Ak (ketiga dari kanan), bersama Dekan Fakultas Ekonomi CBNU Korea, Choi Baek Ryul (kedua dari kiri) didampingi Wakil Dekan III FEB Unpas, Dikdik Kusdiana, SE., MT, setelah penandatanganan MoA.

Dekan FKIP Unpas Dr. H. Dadang Mulyana, M.Si (kedua dari kiri) bersama Dekan Fakultas Pendidikan CBNU Korea, Prof. Cho Kyu Sung, Ph.D (kedua dari kiri) didampingi Wakil Dekan I FKIP Unpas Dr. Cartono, setelah menandatangani MoA.*.

Sekretaris Program Magister Administrasi Publik Pascasarjana Unpas, Dr. Yaya Mulyana (kedua dari kanan), Ketua Prodi Administrasi Bisnis FISIP Unpas, Ida Hindarsah, MM (kanan), Ketua Prodi Kesejahteraan Sosial Dr. Abu Huraerah dan Sekretaris Prodi Kesejahteraan Sosial Dr. Yuyun Yuningsih, bersama Dekan Fakultas Ilmu Sosial CBNU Prof. Choi Won Gyu, selesai acara diskusi akademik di kampus CBNU.

Sejak penandatanganan MoU pada tahun 2015 oleh Rektor Unpas Eddy Jusuf Sp dan President of CBNU, kedua perguruan tinggi sudah mengimplementasikannya dalam berbagai kegiatan. CBNU sudah tiga kali mengirimkan tim mahasiswanya (minimal 15 orang mahasiswa dan 3 dosen) untuk bekerjasama dengan Unpas mengadakan bakti sosial di Desa Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung. CBNU sudah membuka kantor “CBNU Korea Center” di kampus Unpas. Beberapa dosen sudah melakukan penelitian bersama dan seminar internasional. Bahkan dosen dari Unpas melanjutkan studi pada program doktoral di CBNU.

Sementara itu, CBNU pada bulan Juni 2017 akan mengirimkan 10 mahasiswanya untuk belajar bahasa Indonesia, bahasa dan budaya Sunda di Unpas selama 3 bulan. Bulan Juli 2017, akan pula dikirimkan 25 mahasiswa dan dosen ke Unpas untuk melakukan bakti sosial bersama di Desa Sukamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung, sebagai program lanjutan yang dijadwalkan sampai dengan tahun 2018.

Rektor Unpas, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom menerima laporan dari delegasi yang baru pulang dari CBNU di ruang kerjanya, Kamis 20 April 2017. Semua delegasi, terutama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Dekan FKIP, menyampaikan kepada Rektor bahwa kerjasama dengan CBNU sangat bermanfaat bagi Unpas.

Rektor Unpas berpesan kepada semua delegasi yang berasal dari 3 fakultas dan pascasarjana itu, benar-benar memelihara kerjasama yang sudah berjalan baik ini.***

Leave a Reply